27/01/11

Kemudahan Umum

 
Begitu melihatnya saat tiba di Airport Changi, kami langsung mencari counter pembelian tiket taksi dan memesan hotel. Ditempat memesan hotel itulah kami mendapatkan peta di atas. Langsung saja saya mengambilnya. Meskipun sebelumnya suami sudah pernah mendatangi negeri Singa itu, tetapi bagi saya alangkah lebih baiknya jika peta tetap ada di tangan. 
Sang penjaga counter-pun memberitahu denah lokasi hotel kami berada, dia corat-coret peta tersebut dengan bulpen. Setelah dia selesai menjelaskannya pada kami, saya kembali mengambil peta yang masih bagus, sengaja, sebagai ganti peta yang telah dicoret tadi. Memang kedengarannya aneh, untuk apa membawa dua peta? Tetapi saya menginginkannya, lagipun gratis, bukan perkara besar saya mengambilnya lagi. Niat saya saat itu, karena petugas counter tadi mencoretnya dengan tidak rapi dan ada beberapa nama jalan dan tempat yang tertutup coretannya, maka dari itu sepertinya perlu satu lagi peta yang masih bersih agar mudah membacanya.
Singapura memberikan kemudahan bagi wisatawan menikmati segala yang ada di dalamnya. Dengan peta itu kita tidak perlu lagi bertanya sini-sana, tidak perlu lagi bingung harus menggunakan kendaraan apa, juga tidak risau tentang segala keperluan kita di sana. Di dalam peta itu segalanya ada. Tidak ketinggalan dengan transportasi umum, MRT adalah salah satu kemudahan yang memang nyaman. Kami sempat menikmati kemudahan tersebut, memang tak terbayangkan jika Indonesia memilikinya. Bagi saya, kemudahan umum yang nyaman akan memperindah sebuah kota, sebab wisatawan tidak akan letih menghabiskan tenaga karena perjalanan yang tidak nyaman. MRT benar-benar mempermudah perjalanan kami, hanya dengan membayar $ 2 per-orang, kita segera sampai tujuan.
Saya membayangkan seandainya Jakarta memiliki transportasi ini, mungkin kemacetan akan berkurang. Tetapi lain jadinya jika pemilik kendaraan akan tetap menggunakan kendaraan pribadinya demi gengsi, tentunya masalah kemacetan tidak akan tertanggulangi meskipun ada MRT. Nampaknya kesadaran itu juga harus ditanamkan pada para pemilik kendaraan. 
Ya, peta telah membantu perjalanan kami di Singapura, dan MRT telah memberikan kenyamanan pada arah dan tujuan wisata kami. Semoga Indonesia juga segera memberikan kenyamanan transportasi dan segala kemudahan umum yang lebih baik bagi masyarakatnya. Amin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar